24
Jan
08

Apr bermasalah

sumber dasar dari : http://inigis.info

PUNYA KASUS SEPERTI INI?

Anda tentu mengenal Arcview Project (*.apr). Kasus diatas biasanya muncul saat kita memindahkan project kita ke komputer lain.Masalah diatas seringkali terjadi bila kita tidak memahami metadata dari project yang sedang kita buat atau metadata project tersebut amburadul!! Bagaimana tidak amburadul project tersebut jika source shapefile ada di beragam folder yang terpisah (keluar dari system tree folder utamanya) bahkan berbeda drive penyimpanannya!! Anda yang sering menyimpan lagu favorit di Winamp pasti mengenal Winamp Playlist. Nah, cara kerja *.apr bisa kita samakan dengan Winamp Playlist tersebut. Coba pindahkan salah satu lagu favorit tersebut ke folder yang berbeda dengan folder source-nya saat menyimpannya dalam Winamp Playlist. Sekarang coba mainkan Playlist favorit tersebut, walaupun terdapat dalam list lagu favorit pada Winamp Player, namun lagu yang telah dipindahkan tidak bisa dimainkan bukan?

Kembali Ke L…… Kasus diatas. Ada 2 solusi yang akan ditunjukkan dengan contoh 2 kasus yang sering terjadi.

KASUS 1. Anda ingin memindahkan Project ke folder/drive yang berbeda dengan source projectnya.

Contoh kasus seperti gambar berikut, dimana manajemen system tree folder sudah baik disimpan dalam drive D:\Gis_samosir\… Sementara anda ingin memindahkannya ke folder/drive sesuka Anda, dengan kata lain, anda ingin membuka project Anda “di mana saja” !! (dengan catatan komputer tujuan memiliki program ArcView sesuai dengan ekstensi yang dibutuhkan
Solusi 1 . Anda bisa gunakan apr_tool, sebuah aplikasi kecil yang sangat bagus untuk mengganti path sehingga project Anda bisa dibuka sesuai dengan folder/drive yang diinginkan.
Kelemahan : Jika ingin mengubah folder/drive lagi, Anda kembali harus melakukan penggantian path
Namun ada Solusi yang lebih mudah untuk kasus 1 diatas. Aplikasi yang kita butuhkan adalah notepad (recommended) atau wordpad atau pengolah text lainnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

STEP 1 : Buka *.apr dengan Notepad

STEP 2 : Dari Notepad yang telah terbuka Pilih menu Edit —> Replace

STEP 3 : Pada jendela Replace yang terbuka, isikan pada kolom

Find What : “d:/

Replace With : “

Kemudian klik Replace All

Maka source project Anda akan menjadi “Gis_Samosir/…/…” dari sebelumnya “d:/Gis_Samosir/…/…”

Sekarang Anda bisa membuka project dari drive manapun didalam subfolder manapun bahkan dari CD sekalipun tanpa harus mengulang-ulang proses diatas!!

Mudah sekali, Bukan ??!

KASUS 2 : Contoh kasus 1 diatas akan menjadi sulit diimplementasikan jika manajemen system tree folder project yang Anda buat benar-benar AMBURADUL!! Misalnya folder project Anda di D:/Gis_samosir/…/… tapi anda juga menggunakan shapefile atau file image lainnya pada folder/ drive yang berbeda. Bahkan Anda sendiri tidak tahu dimana menyimpan source file ketika ArcView menanyakan “where is …\temp…\…\administrasi.shp”?? ABCD (Aduh Bo…) Sementara Anda ingin membuka project tersebut di komputer lain atau autorun dari CD!

SOLUSI 2 : Untuk solusi tersebut, kita akan gunakan sebuah aplikasi kecil dengan nama ZIPAPR.EXE. Aplikasi ini bekerja pada Command Prompt (DOS) dan hasilnya berupa file kompresi dengan ekstensi *.ZIP.

Anda bisa download disini.

STEP 1: Copy file ZIPAPR.EXE ke folder yang sama dengan file *.APR yang ingin Anda buat kompresinya

Misalnya file project terdapat di d:/Gis_Samosir/MyProject.Apr maka tempatkan file ZIPAPR.EXE pada folder yang sama sehingga path-nya adalah D:/Gis_Samosir/ZIPAPR.EXE .
STEP 2: Buka Command Prompt, kemudian ubah directory-nya menjadi D:\ Gis_Samosir>

STEP 3 : pada prompt tersebut ketikkan ZIPAPR –c MyProjet.apr kemudian tekan ENTER

(Sebelumnya Anda bisa ketikkan ZIPAPR lalu tekan ENTER untuk mengetahui command lengkap dari aplikasi ini)

Aplikasi akan menghasilkan file apr.zip pada folder D:/Gis_Samosir/. Copy file tersebut dan ekstrak dimana saja Anda inginkan!!


0 Responses to “Apr bermasalah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: