29
Okt
07

Sistem Kewilayahan Masyarakat Adat di Meratus

belum di edit

bila banyunya lilih kedaerah kami maka itulah wilayah kami”

Begitulah pernyataan salah satu masyarakat adat di dayak pitap untuk menjelaskan bagaimana sistem kewilayahan mereka. Hal ini terungkap ketika kami bersama dengan walhi kalsel memfasilititasi pemetaan di wilayah mereka.

Konsep wilayah dipegunungan meratus umumnya lebih jelas, karena ada prinsip dasar yang dipegang mereka yaitu lilih banyu. Konsep ini sangat mirip dengan konsep Daerah Aliran Sungai. Begitu pula dengan identitas mereka, jika kita ke kampung-kampung mereka maka sebutan dayak meratus sedikit agak membingungkan bagi mereka. Tapi kalau kita menyebut dengan orang pitap, orang alai atau orang loksado maka orang yang ditanya tersebut akan tahu siapa orang yang dimaksud. Pitap, Alai dan Loksado merupakan sungai-sungai yang ada di pegunungan meratus. Misalnya orang pitap maka itulah sebutan masyarakat adat yang tinggal di daerah aliran sungai pitap. begitu pula dengan alai dan sebagainya.

Pitap merupakan kelompok besar masyarakat yang tinggal disekitar DAS Pitap. kelompok besar ini kemudian terbagi-bagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil misalnya kelompok orang Iyam, kelompok orang Iyam. Kelompok ini juga terdiri dari kelompok kecil lagi. Bagaimana pembagian wilayah mereka, orang Iyam misalnya menguasai wilayah yang berada di subdas Iyam begitu juga dengan kambiyain. pengwilayahan berdasarkan analisi das membuat wilayah mereka menjadi jelas.


0 Responses to “Sistem Kewilayahan Masyarakat Adat di Meratus”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: